Sabtu, 26 Oktober 2013

internet

ARTI INTERNET

Internet merupakan sebuah revolusi dalam bidang teknologi pada abad 21 yang  menyatukan telekomunikasi dengan komputer. Diawali dari sebuah penelitian pertahanan Amerika Serikat berkembang menjadi sebuah mesin ekonomi global. Internet menyebabkan perubahan kondisi sosial dan ekonomi. Implikasinya terhadap ekonomi menyebabkan internet menjadi perhatian bagi khalayak akademis. Internet menurunkan biaya transaksi dan meminimalisasi ketidakpastian dalam distribusi barang dan jasa.

B. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Internet
1.Infrastruktur dan lingkungan institusi.  Infrastruktur dan lingkungan institusi  memegang peranan penting dalam struktur  kekondusifan  perkembangan internet  di suatu negara. Berdasarkan penelitian, kesiapan infrastruktur dan institusi membangun jaringan utama menentukan kokohnya kapasitas jaringan telepon utama dalam mengirimkan data elektronik.Penggunaan internet pada negara-negara berkembang yang mayoritas menggunakan koneksi dial-up menggunakan jaringan telepon dapat menjadi tolok ukur kekondusifan teknologi negara terhadap pengadaptasian Internet.
2.Kesamaan struktur (modernization dan postindustrialization). Kesamaan struktur mencakup infrastruktur, persentase pekerja, lingkungan politik, dan persentase populasi. Ketika sebuah negara berkomunikasi dengan negara lain, akan ada negara sender dan receiver. Kesesuaian antara negara pengirim dan penerima (conduciveness) akan membantu dalam penyebaran ide seperti internet.  Negara-negara berkembang yang sering menjalin komunikasi dengan negara yang telah maju akan memacu  perkembangan di negara berkembang tersebut yang akan mempercepat tingkat  pengadaptasian internet.
3.Perdagangan dan Investasi Asing. Pentingnya investasi asing terletak pada pertukaran informasi dalam alur perdagangan yang berlanjut pada kesamaan permintaan pada teknologi komunikasi. Dengan meningkatnya  globalisasi ekonomi secara simultan akan mempercepat globalisasi teknologi.
4.Pembangunan perkotaan (urban leadership). Pembangunan perkotaan biasanya diiringi dengan pembangunan infrastuktur komunikasi yang menjadi dasar dari internet. Sehingga pembangunan kota akan memacu perkembangan internet.
5.Keberadaan-keberadaan industri. Industri tertentu juga menimbulkan perkembangan internet. Industri tersebut ialah industri pertambangan, tekstil, judi, dan rekreasi. Pembangunan konstruksi besar, rumah sakit juga membantu perkembanggan internet.

C.     Dampak Positif dan Negatif pada Internet

•    Dampak Positif Internet

1.    Informasi dan Pengetahuan Yang Tak Terbatas

Internet menyediakan sumber informasi yang tak terbatas selama 7 x 24 jam setiap waktu. Bahkan ketika tengah malam buta pada saat pertanyaan muncul dalam kepala anda dan tergelitik untuk mencari jawaban dari pertanyaan tersebut, anda dapat langsung mengakses internet melalui komputer, ponsel, gadget anda untuk menemukan jawabannya

2.     Internet Memungkinkan Anda Untuk Mengenal Orang dari Segala Penjuru Dunia

Dengan berkembangnya situs jejaring sosial, forum, blog  di internet sangat memungkinkan anda untuk mengenal orang dari segala suku bangsa dan negara dengan mudah meskipun tanpa harus bertemu secara fisik.

3.     Biaya Pengetahuan Yang Murah

Tidak dapat dipungkiri, internet menyediakan akses informasi yang murah dengan segala ketidakterbatasan sumber berita dan informasi yang bisa anda dapatkan. Kendati demikian, tarif internet di luar negeri jauh lebih murah dibandingkan dengan di Indonesia.


•    Dampak Negatif Internet

. 1. Informasi Yang Tak Terfilter

Sebagai wadah yang menyediakan akses informasi yang tak terbatas membuat informasi yang tersedia di internet berbaur antara informasi yang bermanfaat dan tidak membawa manfaat. Beberapa informasi yang tidak bermanfaat yang terkadang membawa pengaruh buruk bagi pengguna antara lain informasi yang bersifat pornografi, situs perjudian, kekerasan hingga informasi yang menyesatkan.

2. .Dampak Buruk Bagi Kesehatan

Banyak sekali orang yang tidak menyadari, terutama bagi mereka yang duduk berlama – lama menggunakan komputer dan internet dapat membawa dampak buruk terhadap kesehatan mereka, terutama jantung, otot dan aliran darah pada tubuh.

3. . Dampak Buruk Bagi Mata

Dengan kecenderungan berlama – lama didepan komputer akan mengakibatkan menurunnya jaringan pada syaraf penglihatan.
Oleh karena itu hindarilah menatap layar monitor selama 20 detik pada setiap 15 menit untuk menghindari kelelahan pada mata yang berakhir pada menebalnya kacamata anda.

4.  Kejahatan dan Penipuan

Salah satu dampak negatif internet adalah sebagai wadah untuk berbuat kejahatan dan penipuan secara terselubung. Banyak sekali orang yang tertipu terhadap toko online palsu ataupun kejahatan secara fisik yang memanfaatkan situs jejaring sosial sebagai sarana mereka.

5 Kebebasan Yang Berlebihan

Dengan perkembangan internet yang ditunjang oleh peralatannya saat ini memungkinkan pengguna untuk memperkaya komunikasi menjadi lebih interaktif dan canggih. Hal ini terkadang dapat membawa dampak negatif bila digunakan secara salah. Sebagai salah satu contoh adalah kegiatan Sex Cam atau yang secara sederhana dijelaskan sebagai hubungan seksual jarak jauh dengan memanfaatkan kamera chatting dengan orang lain ditempatnya masing – masing.

1 komentar:

  1. TUGAS UDA DI CEK....

    Selanjutnya perbaiki blog, lengkapi blog


    -- Infokan ke teman2nya yang uda Laporan Via Buku tamu Tapi Link Blognya tidak tercantum tolong segera di kirim ulang Link BLOGNYA..

    BalasHapus